Loading
ads

Rabu, 18 Mei 2011

Akal dan Ilmu

Mata kuliah : Etika Muslim
Salam sukses, kali ini Kurniawan akan sharekan mengenai Akal dan ilmu.. Hal ini merupakan kelanjutan dari posting sebelumnya Di MK Etika Muslim yaitu yang disana telah dibahas tentang 'Ketauladanan Rasul untuk membentuk karakter' nah dalam pembentukan tersebut kita kita memerlukan akal dan ilmu sebagai implementasinya.

So..... yuk kita bahas "apa to Akal dan Ilmu itu?"
Akal
Akal menurut bahasa dapat diartikan pikiran,memahami,merenung,daya tangkap
pegertian menurut istilah adalah daya berfikir dalam jiwa manusia untuk memperoleh pengetahuan dengan memperhatikan alam sekitarnya.

Ilmu
Ilmu (menurut bahasa) ialah pengetahuan, aktifitas dan metode.
Ilmu (menurut istilah) ialah rangkaian aktifitas manusia yang rasional dan kognitif dengan berbagai metode berupa aneka prosedur dan tata langkah sehingga menghasilkan kumpulan pengetahuan yang sistematis mengenai gejala alam dan masyarakat untuk mencapai kebenaran memperoleh kebenaran dan pemahaman atau memberi melakaukan penerapan

  • Potensi Akal Dalam memperoleh ilmu :
  • Kemampuan berhitung
  • Kemampuan Verbal
  • Kemauan Spesial
  • Kemampuan Membedakan
  • Kemampuan membuat daftar prioritas
Maka dengan akal kita dapat memperoleh pengetahuan entah positif or negatif hal ini tergantung dari individual masing-masing dalam menerapkan akalnya dalam kehidupan sehari-hari....

ok!!!! sekian dulu yooow Catatan Kurniawan kali ini. Temen-temen tama yang caem-caem dan cantik-cantik Dakhir kali ini tak lupa tama ngen minta maaf kalau ada kata-kata salah...!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar