Loading
ads

Senin, 25 Juli 2011

Tugas manajemen Pemasaran : Analisis Iklan Media Cetak


Pembahasan
Semiotika adalah studi tentang tanda dan cara tanda – tanda atau bekerja atau ilmu yang mempelajari bagaimana tanda bisa berfungsi serta bagaimana makna diproduksi. Secara etimologis. Memaknai berarti bahwa objek-objek tidak hanya membawa informasi, dalam hal mana objek-objek itu hendak berkomunikasi, tetapi juga mengkonstituasi system terstruktur dari tanda.
Tanda tidaklah terbatas pada benda, misalnya tentang kebiasaan, stuktur yng ditemukan dalam sesuatu juga dapat di sebut sebagai tanda. Sebuah lambaian tangan , gugup, merah, kebiasaan makan, keheningan , tren mode, bunga, memejamkan mata, api, bulat, kekhawatiran, kebisuan, putih, tersenyum, dll semunya itu di anggap sebagai tanda.
Untuk menganalisis iklan indosat versi  im3 groove di saat menganalisis iklan harus berdasarkan pesan yang di kandungnya diantaranya adalah
1.Pesan linguistic
              Semua kata dan kalimat dalam iklan, dalam iklan indosat versi im3 groov3 di tegaskan dalam sebuah kalimat yang sangat singkat yaitu nelpon sms internet cukup satu nge-groov3!. Yang artinya dalam iklan cetak ini bahwa im3 groov3 memberikan tarif yang murah untuk menelpon, sms, internet. Anak muda yang mengguanakan heandphone saat ini kebutuhan meraka tidak hanya sebatas untuk telepon dan sms saja tetapi dengan internet juga. Maka dengan gebrakan baru indosat  meluncurkan produk im3 groov3 yang memberikan tarif yang murah sesuai dengan anak muda yaitu murah
2.Pesan ikonik yang terkondekan
    Merupakan konotasi visual yang diturunkan dari penataan elemen-elemen visual dalam iklan
a.Warna.
Warna yang digunakan dalam iklan indosat versi im3 groove ini sangat colour full di antaranya background yang sangat dominant adalah warna kuning, kuning di sini jelas salah satu dari warna logo dari indosat di samping warna merah dan biru. Warna kuning sendiri lebih banyak digunakan dalam iklan indosat versi groov3  karena warna kuning sangat terang dan cerah. Dan selain warna kuning juga warna hijau yang juga banyak di antaranya warna dasar dari tulisan groov3 juga pada baju cardigant yang digunakan oleh luna maya. Juga warna hijau juga menandakan untuk telepon, warna coklat menandakan sms dan biru menandakan internet.
b.Huruf.
Huruf yang digunakan dalam tulisan nELpOn SMS iNteRnet menggunakan font times new roman, font standart yang digunakan dalam Microsoft office word. Tulisan tersebut digunakan besar kecil karena saat ini anak muda Indonesia jika menuliskan kata dalam sms atau di internet (entah chatting, blog, email dll) biasanya banyak menggunakan huruf yang besar dan kecil. Sedangakan kata cukup satu nge-groov3 seru! Di tulis dengan sangat sederhana.tetapi tulisan groov3 pada akhiran kata tidak menggunkan huruf E tetapi menggunkan angka 3 yang dimana angka 3 dapat di simbolkan sebagai huruf E dan sebagai penjelasan dari (nelpon,sms dan internet).
c.Baju
Baju di sini lebih melihat pada tren anak muda saat ini yang biasanya cenderung simple tetapi terlihat gaul, seperti pakaian yang digunakan oleh luna maya. Menggunakan baju terusan putih yang di tutup dengan cardigant warna hijau serta menggunakan leging bergaris hitam dan putih sehingga terlihat komposisi bagian warna pas dengan karakter luna maya yang serba hijau. Yang menunjukan bahwa luna maya adalah karakter yang hobi dengan telepon Sedangkan junior liem menggunakan blazer coklat, blazer disini penandakan baju yang semi formal dan sangat cocok digunakan untuk acara santai. Tidak hanya itu untuk menunjang pakaian, junior liem memadukan dengan celana jeans warna biru dan menadakan bahwa tipikal junior liem adalah penghobi sms. Sedangkan adly fairus tampil dengan jaket warna biru dan baju warna biru serta celan jeans biru dan menadakan adly fairuz adalah penghobi layanan internet dari im3 groov3.
d.Aksessoris
Aksessoros paling banyak terlihat banyak menggunkan adalah luna maya yaitu menggunakan ikat pinggang  warna hijau serta gelang warna hijau yang sesuai dengan kepribadian dari luna maya yaitu penghobi dari menelpon. Juga sebagai pemanis penampilan dari luna maya, luna maya menambahkan dengan kalung yang terbuat dari untaian batu-batu kecil berwarna warni yang dominan warna kuning. Juga handphone yang di gunakan oleh masing-masing model rata-rata menggunakan handphone tipe nokia yang seri E, nokia seri E disini dapat dikategorikan sebagai smartphone yang sistem operasinya hampir menyamai blackberry. Warna merah juga masih terlihat pada motif sepatu yang digunakan oleh adly fairus.
e.Setting dan lokasi
Terlihat jelas sekali background batu bata yang digunakan juga sedikit coretan grafiti yang biasanya banyak kita jumpai di tembok atau ruang kosong di pinggir jalan. Dan biasanya di tempat ini lah anak muda lebih senang berkumpul bersama teman-temannya. Juga  terdapat kursi panjang yang biasanya banyak di gunnkan untuk sekedar duduk-duduk.
f.Model / Talent
Luna maya sebagai seorang wanita satu-satunya dalam kelompoknya sangat cocok untuk di identikan karakter anak muda jaman sekarang yaitu yang cerdas, energik, fashionholic dan sesuai dengan tipe wanita pada saat ini yaitu hobi ngobrol lama-lama di telepon. Sedangakan adly fairuz dan junior liem adalah 2 bintang anak muda yang sedang naik daun juge terlihat jiwa muda yang mutli talenta sehingga mereka ber-3 di jadikan sebagai ikon dari im3 groov3.
g.Logo
Logo dari indosat ada yang di sertakan yaitu logo dari indosat itu sendiri yang di gambarkan dalam bentuk bintang yang berwarna kuning, merah, biru yang menandakan bahwa indosat pangsa pasarnya lebih keanak mudah banget karena anak muda adalah masa-masa yang lebih cenderung have fun n mewarnai hari-hari mereka dengan hiburan tapi tetp positif dan yang bertuliskan indosat, logo ini ditempatkan di kanan pojok bawah. Sedangkan logo yang satunya yang bertuliskan sinyal kuat dengan ganbar diagram warna biru (yang menandakan bahwa sinyal indosat dapat di jangkau di semua area) di tempatkan di pojok kanan atas.

3.Pesan ikon yang tidak terkodekan
Ikaln indosat versi im3 groove jelas sekali terlihat bahwa iklan ini di tujukan untuk anak muda yang berjiwa muda yang penuh warna. Bisa dilihat dari model yang dihadirkan dalam iklan im3 groove, 3 anak muda yang sedang asyik menggunakan handphone masing-masing ada yang sedang menelpon,sms, ataupun internet. Karena anak muda sekarang ssekarang tidak bisa lepas dari handphobe masing – masing bahkan handphone di jadikan sarana hiburan atau entertaint, di samping sebagai sarana komunikasi dan informasi. Oleh karene itu im3 groove hadir dengan semua layanan yang berguna bagi anak muda tapi dengan tarif yang sangat murah.
Bauran Promosi Produk Im3  Di media cetak Dan Cara pemasaran lain selain dari iklan cetak dengan gambar tersebut.

     1.Kualitas Produk
         Dalam Penjualan IM3, Indosat memberikan suatu kebijakan untuk menarik kepada konsumen, kebijakan tersebut antara lain dengan memberikan kelebihan-kelebihan dan keunggulan dibandingkan produk sejenis, selain itu juga memberikan sesuatu tambahan atau keunikan. Kebijakan tersebut antara lain:
  1. Perluasan Jaringan BTS (Base Transceiver Station) di area JBRO
  2. Perbaikan kualitas sinyal BTS dan monitoring kualitas secara konsisten.
  3. Memperluas interkoneksi dengan operator lain (ex:Telkomsel,Telkom,Esia dll) dengan pembukaan nomor-nomor baru.
  4. Memberikan fitur-fitur yang lebih canggih dan maju sehingga lebih memberikan kemudahan dalam penggunaan dan       pemakaian produk.
  5. Meningkatkan performa dan kinerja jaringan internet.
  6. Penjualan dengan sistem bundling dengan hand set Motorola.

2.Daya Tarik Promosi
Selain peningkatan performa dan kinerja teknis, Indosat juga berusaha meningkatkan minat beli calon konsumen dengan memberikan Promo atau informasi yang berusaha membujuk dan mengenalkan IM3  kepada calon konsumen. Kebijakan Indosat dalam promo IM3 antara lain:
  1. Promo besar-besaran pada semua media massa, seperti TV, radio, koran dan media massa lainnya.
  2. Mengadakan pameran dan seminar atau pembukaan stand-stand pada setiap pameran telekomunikasi.
  3. Memberikan warna gaul dan menarik, dengan menciptakan tagline (lirik) lagu IM3.
  4. Memberikan informasi sejelas dan selengkap mungkin mengenai Produk Im3, baik di media ataupun di website internal Indosat.
3.Harga Yang Dirasakan Konsumen
  1. Indosat juga berusaha memberikan harga dan paket yang menarik kepada konsumen. Kebijakan Indosat dalam harga penjualan IM3 antara lain:
  2. Harga Telephone lokal, interlokal dan SLI yang murah
  3. Memberikan paket hemat dalam SMS dan Telpon dengan Ceeean IM3.
  4. Harga perdana dan voucher isi ulang yang terjangkau.
  5. Paket GPRS yang murah.
  6. Harga fasilitas tambahan yang murah seperti SMS, Fax danconference call.
Semua Posting Pada artikel ini merupakan tugas Mata Kuliah Manajemen Pemasaran. Disini tempat Berbagi....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar